Beragam Jenis Sling dan Kegunaannya

Beragam Jenis Sling dan Kegunaannya

Anda tentu sudah familiar dengan sling, bukan? Ya, sling adalah salah satu material yang banyak digunakan dalam beragam industri yang berbeda. Tidak hanya digunakan di banyak tempat, ada cukup banyak jenis sling yang tersedia dengan peruntukan yang berbeda-beda.

Tentu, memilih produk sling yang tepat adalah keharusan. Dengan menggunakan sling yang tepat, Anda bisa mendapatkan manfaat yang maksimal serta efektivitas kerja sling yang maksimal pula.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang macam jenis sling yang perlu Anda ketahui. Penasaran? Simak ulasannya!

Ragam Jenis Sling

Ada beberapa jenis sling yang cukup populer dan banyak digunakan dalam beragam industri yang berbeda. Beberapa jenis sling tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Wire rope sling

Jenis sling yang pertama adalah wire rope sling. Seperti namanya, sling yang satu ini terbuat dari beberapa wire yang kemudian dipilin untuk membentuk strand. Nah, strand ini akan mengelilingi core guna membentuk wire rope.

Wire rope sling tersedia dalam beragam variasi yang ditentukan dengan jenis core, banyaknya strand dan juga ukuran secara keseluruhan. Dalam penggunaannya, sling ini banyak digunakan dalam industri konstruksi, perkapalan, dan lainnya terutama yang memerlukan tali kuat untuk mengangkat beban.

  • Chain sling

Chain sling atau rantai sling adalah jenis sling lain yang juga sangat populer. Dalam hal ini, produk chain sling dibuat dengan bahan logam dan memiliki dua atau lebih link yang berangkaian.

Dalam penggunaannya, jenis sling ini bisa dimanfaatkan untuk mengangkat, menarik dan juga mengikat sesuatu untuk mengamankannya. Selain itu, chain sling juga bisa diandalkan untuk membantu menggerakkan mesin. Hal inilah yang membuat chain sling digunakan di berbagai industri yang berbeda.

  • Webbing sling

Jenis sling lain yang juga perlu diketahui adalah webbing sling atau yang kerap disebut sling belt. Jenis sling ini memang menyerupai sabuk dan bisa dijadikan pengganti sling lainnya dalam urusan pengangkatan barang.

Apa yang menarik dari sling belt ini adalah berat yang lebih ringan dan mudah digunakan. Selain itu, jenis sling ini memiliki fleksibilitas yang lebih baik. Tidak mengherankan jika webbing sling kerap menjadi pilihan terutama untuk keperluan pengangkatan barang di gudang ataupun di pelabuhan.

  • Round sling

Round sling adalah jenis sling terakhir yang memiliki bentuk melingkar. Jenis sling ini juga menarik karena memiliki lapisan pembungkus sintesis yang akan memberikan perlindungan dari gesekan.

Ada beberapa kelebihan dari round sling, seperti sling ini lebih tahan lama dan bisa mengangkat benda dengan lebih aman. Selain itu, round sling juga tersedia dengan kapasitas yang beragam.

Nah, beberapa poin di atas adalah ragam jenis sling yang bisa Anda bandingkan. Tentu, selain memilih jenis sling, jangan lupa untuk memilih ukuran wire sling. Kunjungi megajaya.com untuk cek informasi tentang jenis sling dan kelebihan masing-masing selengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *