Klaim Asuransi Mobil Atas Nama Orang Lain Melalui 3 Tahapan

Asuransi mobil terbaik umumnya bisa Anda nilai terutama dari segi kemudahan pengajuan klaimnya. Jika prosedur klaim ini terlalu rumit, apalagi jika tidak segera direspon oleh pihak asuransi, Anda perlu berpikir ulang untuk menggunakannya.

Salah satu hal yang mungkin masih menjadi pertanyaan Anda adalah jika hendak mengajukan klaim asuransi mobil atas nama orang lain. Hal ini berpeluang terjadi jika pengemudi mengalami insiden saat mengendarai mobil yang bukan miliknya.  

Prosedur Untuk Klaim Asuransi Mobil Atas Nama Orang Lain

Pada dasarnya prosedur untuk mengajukan klaim asuransi untuk mobil milik pribadi atau yang beratas nama orang lain tidaklah jauh berbeda. Langkah-langkah untuk melakukan klaim asuransi tersebut umumnya sebagai berikut:

Ambil gambar bagian mobil yang mengalami kerusakan

Gambar atau foto kerusakan yang terjadi pada mobil ini nantinya haruslah Anda lampirkan sebagai bukti untuk pengajuan klaim asuransi. Anda bisa memanfaatkan kamera ponsel pintar untuk melakukan pengambilan gambar tersebut.

Buat laporan kronologi terjadinya insiden secara tertulis

Sebelum menyetujui pengajuan klaim Anda, pihak perusahaan asuransi umumnya perlu mengetahui kronologi insiden yang mengakibatkan kerusakan itu lebih dulu. Untuk itu, Anda perlu menceritakan kejadiannya secara terperinci.

Pihak perusahaan asuransi yang baik semestinya cukup jeli dalam menilai potensi kemajuan teknologi informasi dalam memudahkan prosedur klaimnya. Perusahaan yang menawarkan kemudahan prosedur klaim via online tentu layak menjadi pilihan.

Lampirkan bukti dan berkas kelengkapan pengajuan klaim asuransi

Jika insiden yang menyebabkan kerusakan pada mobil melibatkan pihak ketiga, biasanya Anda perlu melampirkan berkas tambahan untuk melengkapi pengajuan klaimnya.

Berkas tambahan ini bisa berupa surat tuntutan ganti rugi bermaterai dari pihak ketiga yang merupakan pemilik mobil tersebut. Selain itu, perlu juga ada surat yang menyatakan bahwa pihak ketiga yang terkait dengan insiden tidak memiliki asuransi.

Apabila perusahaan asuransi Anda kebetulan menyediakan fasilitas untuk klaim online, Anda cukup mengambil foto kedua surat pernyataan ini. Unggah foto surat, bukti kerusakan mobil, dan laporan kronologi insiden melalui aplikasi yang tersedia.
Dengan melampirkan berkas kelengkapan yang sesuai, niscaya klaim asuransi mobil atas nama orang lain yang Anda lakukan tidak akan ditolak. Berhati-hatilah selalu dalam berkendara agar Anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *