Investasi: Definisi, Jenis, Dan Tujuannya

KOMPAS.com – Salah satu pelaku pada pasar modal merupakan investor yang melakukan kegiatan investasi. Sebenarnya apa itu aktivitas investasi?

Dilansir dari buku Pasar Modal (2017) karya Eduardus Tandelilin, investasi adalah komitmen buat menempatkan sejumlah dana atau sumber daya lainnya yang dilakukan pada ketika ini, menggunakan tujuan memeroleh sejumlah laba pada masa mendatang.

Investasi umumnya berhubungan dengan kegiatan menempatkan sejumlah dana dalam aset riil, misalnya tanah, emas, mesin, dan bangunan maupun dalam aset finansial misalnya deposito, saham, reksa dana, atau obligasi.

Pihak-pihak yg melakukan kegiatan investasi diklaim sebagai investor. Investor dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu investor individual & investor institusional.

Baca juga: Pungutan Resmi Selain Pajak

Investor individual adalah individu-individu yang melakukan kegiatan investasi. Sedangkan investor institusional adalah forum-forum atau perusahaan yang melakukan kegiatan investasi.

Perusahaan tersebut umumnya terdiri atas perusahaan premi, forum penyimpan dana, lembaga dana purna tugas, maupun perusahaan investasi.

Pada dasarnya, seorang investor yg melakukan kegiatan investasi menggunakan membeli sejumlah saham pada ketika ini, akan berharap memeroleh keuntungan menurut kenaikan harga saham ataupun sejumlah dividen di masa yang akan datang.Jenis-jenis investasi

Dalam buku Investasi & Pasar Modal Indonesia (2018) karya Gusti Ayu dan Diota Prameswari, dijelaskan beberapa jenis investasi, yaitu:Investasi kekayaan riil

Merupakan aktivitas investasi yg dilakukan dalam aset yang tampak secara nyata. Misalnya tanah, bangunan, apartemen, ruko, dan sebagainya.

Baca jua: Modal: Defisini & Jenis-JenisnyaInvestasi keuangan

Merupakan kegiatan investasi yang dilakukan pada surat-surat berharga, baik yang terdapat pada pasar uang misalnya deposito, Sertifikat Bank Indonesia (SBI), dan Surat Berharga Pasar Uang (SBPU) maupun surat berharga di pasar modal, misalnya saham, reksa dana, obligasi.Investasi kekayaan langsung yang tampak

Merupakan kegiatan investasi yang dilakukan dalam benda-benda seperti emas, perak, berlian, dan barang kuno. Termasuk jua benda-benda seni misalnya lukisan dan sebagainya.Investasi komoditas

Merupakan kegiatan investasi yg dilakukan pada komoditas pada artian barang, misalnya kopi, kelapa sawit, & lain-lain. Investasi dalam aspek ini dianggap juga menjadi perdagangan berjangka.

Baca juga: Jenis-Jenis Belanja NegaraTujuan investasi

Berikut beberapa tujuan melakukan kegiatan investasi, yaitu:Untuk memeroleh kehidupan yang lebih layak pada masa mendatang.Mengurangi tekanan inflasiDorongan buat menghemat pajakIkut memberikan andil bagi pembangunan negara

Dapatkan update warta pilihan & breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, lalu join. Anda wajibinstall pelaksanaan Telegram terlebih dulu di ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *