Mengenal Fungsi Investasi, Berikut Pengertian & Jenis-jenisnya

ilustrasi uang. www.usatoday.com

Merdeka.com – Seiring dengan kemajuan teknologi, kemajuan pada bidang ekonomi jua turut memberikan donasi terhadap kesejahteraan masyarakat. Berkaitan menggunakan hal ekonomi, sekarang sudah dimulai suatu era pada mana perekonomian dunia dapat berkembang secara pesat dan arus ekonomi antar negara semakin gampang.

Kondisi tersebut sedikit poly menciptakan rakyat mulai menyadari betapa pentingnya mengumpulkan & menyebarkan aset guna mencukupi semua kebutuhan pada masa yg akan datang. Dalam hal ini, pelaksanaan investasi merupakan hal yg dapat dilakukan masyarakat.

Tetapi, masih tak jarang juga nir dipahami misalnya apakah sebenarnya investasi tadi? Apa fungsi & jenis-jenisnya? Sebagai langkah awal buat terjun ke pada global investasi krusial bagi kita buat tahu dasarnya terlebih dahulu.

Hal tersebut tidak lain buat mencegah kekeliruan tentang investasi. Jika kita telah memahami arti investasi, fungsi dan jenis-jenisnya paling nir kita tidak akan mudah tertipu ketika memilih berinvestasi.

Berikut fungsi investasi yang telah dirangkum merdeka.com melalui jurnal.yudharta.ac.id dan eprints.polsri.ac.id pada Kamis, (08/07/2021).

dua menurut 4 halamanPengertian Investasi Menurut Para Ahli

1. Tandelilin (2010)Investasi adalah komitmen atas sejumlah dana atau asal daya lainnya yg dilakukan pada ketika ini, dengan tujuan memperoleh sejumlah laba di masa yang akan tiba.

dua. Karudin (2004)Investasi adalah menempatkan uang atau dana dengan asa buat memperoleh tambahan atau laba eksklusif atas uang atau dana tersebut.

tiga. Jogiyanto (2003)Investasi bisa didefinisikan sebagai penundaan konsumsi sekarang buat digunakan pada produksi yang efesien selama periode ketika eksklusif.

3 menurut 4 halamanFungsi Investasi

Fungsi investasi terbagi sebagai dua yaitu menjadi berikut:

1. Memenuhi kebutuhan masyarakat akan barang dan jasaProses atau tahapan awal menurut pengadaan barang dan jasa yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup masyarakat di masa mendatang adalah melakukan investasi di masa kini. Tanpa adanya investasi pada masa sekarang baik secara sukarela maupun terpaksa akan sulit buat membayangkan kebutuhan barang dan jasa untuk kelangsungan hidup pada masa yg akan tiba dapat terpenuhi.

dua. Memenuhi asa masyarakat akan barang & jasaSeiring menggunakan perkembangan zaman, peradaban manusia juga akan semakin berkembang dengan tujuan buat menaikkan kualitas kehidupannya. Dorongan daripada peningkatan kualitas hayati inilah misalnya halnya rekreasi, kemudahan dalam aneka macam kegiatan yang kemudian menghasilkan tuntutan baru selain kebutuhan minimal jua tambahan tuntutan buat menaikkan kualitas kehidupan, yang mana buat memenuhinya dapat diperoleh dari kegiatan investasi.

4 dari 4 halamanJenis-Jenis Investasi

Menurut Sadono(2004:108), jenis-jenis investasi terbagi atas 2, yaitu :

Investasi yg terdorong yaitu investasi yg tidak diadakan dampak penambahan permintaan, pertambahan permintaan yang diakibatkan pertambahan pendapatan.

Investasi otonomi yaitu investasi yg dilaksanakan atau diadakan secara bebas, merupakan investasi yg diadakan bukan karena pertambahan permintaan efektif.

Jenis-jenis investasi dari Ikatan Akuntan Indonesia dalam “Standar Akuntansi Keuangan” (2009:13.02) yaitu:

1. Investasi LancarInvestasi lancar adalah investasi yg bisa segera dicairkan & buat dimiliki selama setahun atau kurang.

2. Investasi Jangka PanjangInvestasi jangka panjang merupakan investasi selain investasi lancar.

tiga. Mempertahankan Investasi PropertiProperti adalah investasi pada tanah atau bangunan yg nir dipakai sang perusahaan yg berinvestasi.

4. Investasi DagangInvestasi dagang merupakan investasi yg ditunjuk buat mempermudah atau mempertahankan usaha atau hubungan perdagangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *