Pengertian Investasi, Jenis & Bentuk Investasi

Pengertian Investasi. Secara generik, investasi bisa diartikan sebagai galat satu bentuk penanaman modal dengan tujuan pembelian asset yg diperlukan bisa mendatangkan keuntungan di masa yg akan datang. Pada umumnya investasi dilakukan dalam bentuk asset riil, misalnya emas, tanah, obligasi, mesin, maupun asset finasial berupa deposito atau saham. 

Dalam investasi yg terpenting adalah ketersediaan dana atau asset serta komitmen yg kuat buat mengikatkan asset. Menurut Abdul Halim, investasi selalu mempunyai dua sisi, yaitu :return.resiko.

Dalam berinvestasi berlaku hukum bahwa semakin tinggi return yang ditawarkan, akan semakin tinggi juga resiko yg wajibditanggung oleh investor. Jadi pada investasi, investor bisa mengalami kerugian, bahkan mampu kehilangan semua modalnya.

Sangat banyak pengertian investasi yg bisa ditemukan dalam kitab-buku leiteratur. Beberapa pengertian investasi dari para ahli, antara lain adalah sebagai berikut : 

Investasi merupakan penggunaan dana atau kapital buat pembelian instrumen, seperti saham, obligasi, properti, & lainnya.

Investasi adalah aktivitas penanaman modal baik eksklusif ataupun nir langsung menggunakan harapan pemilik kapital mendapatkan laba menurut hasil penanaman modal tadi.

Investasi merupakan penundaan konsumsi kinibuat dimasukkan ke aktiva produktif selama periode saat eksklusif.

Investasi adalah penanaman kapital untuk satu ataupun lebih aktiva yang dimiliki yang umumnya mempunyai jangka ketika lamadengan harapan buat menerima laba di masa depan. Dalam arti luas Sunariyah mengelompokkan investasi menjadi 2 bagian, yaitu :Investasi dalam bentuk aktiva riil, yaitu aktiva yg berujud misalnya emas, permata, barang-barang seni, dan lain-lain.Investasi pada bentuk surat-surat berharga atau sekuritas (finansial asset). yaitu surat-surat berharga yang pada dasarnya merupakan klaim atas aktiva riil yg dikuasai oleh suatu entitas.

Investasi merupakan menanamkan asset, harta atau dana, dalam sesuatu menggunakan asa akan memberikan output pendapatan atau menaikkan nilai pada mamsas yang akan datang.

Investasi merupakan :suatu tindakan untk membeli saham, obligasi atau surat penyertaan lainnya.suatu tindakan untuk membeli barang-barang modal.pemanfaatan dana yang tersedia untu digunakan dalam produksi dengan pendapatan di masa tiba.

Investasi adalah mengelola kelebihan dana buat memperoleh dana yang lebih akbar.

Investasi merupakan aktivitas pengeluaran atau pembelanjaan penanam modal buat membeli barang-barang kapital & juga perlengkapan-perlengkapan produksi dengan tujuan menambah kemampuan memproduksi barang & jasa yang tersedia dalam perekonomian.

Investasi merupakan menaikkan kesejahteraan investor, baik kinijuga di masa yg akan datang.

Investasi merupakan galat satu pilihan buat mencapai kebebasan finansial yg tidak dibatasi oleh kesibukan, waktu, & usia.

11. Haming dan Basalamah.

Investasi merupakan pengeluaran pada massa kinibuat pe,belian aktiva riil (properti, kendaraan beroda empat, dan lainnya) atau jua aktiva keuangan dengan tujuan untuk menerima hasil yg lebih akbar di masa depan.

12. Salim HS & Budi Sutrisno.

Investasi adalah kegiatan penanaman modal oleh investor, baik investor lokal maupun investor asing dalam berbagai jenis bidang bisnis yang terbuka buat investasi.  

Investasi merupakan pengaitan asal-sumber dana dalam jangka panjang buat mendapatkan output laba di masa mendatang.

Investasi adalah komponen pengeluaran terbesar kedua sesudah konsumsi.

Investasi merupakan penenpatan dana pada sebuah atau sekumpulan asset selama periode tertentu menggunakan asa bisa memperoleh peningkatan nilai investasi.

Investasi adalah aktivitas yg berkaitan dengan usaha penarikan beberapa sumber dana yg digunakan buat pengadaan kapital barang dalam waktu sekarang. Barang kapital tersebut lalu diharapkan akan menghasilkan genre produk baru pada masa datang.

Investasi merupakan mengorbankan asset guna menerima asset yang lebih akbar pada masa yang akan tiba.

Investasi merupakan kegiatan memanfaatkan kas pada waktu ini, dengan tujuan buat mendapatkan hasil barang pada masa yg akan tiba.

20. Gitman & Joehnk.

Investasi adalah suatu sarana di mana  dana bisa ditempatkan menggunakan harapan hal tersebut akan membentuk pendapatan positif dan/atau menjaga atau mempertinggi nilainya.

21. Reilly & Brown.

Investasi adalah komitmen menaikkan asset buat masa depan buat menerima penghasilan yang mampu mengompensasi pengorbanan investor.

Sedangkan dalam Ensiklopedia Indonesia, investasi diartikan sebagai :penanaman kapital atau penanaman uang pada proses produksi dengan membeli gedung-gedung, mesin-mesin, bahan-bahan cadangan, penyelenggaraan uang kas serta perkembangannya.

Jenis Investasi. Ada beberapa investasi yg dapat dibedakan menurut jenis investasi, yaitu :

1. Jenis investasi berdasarkan assetnya.

Merupakan pengelompokkan investasi berdasarkan aspek modal atau kekayaan, yg terbagi sebagai :Real asset, yaitu investasi yg berujud, misalnya gedung, mesin, emas, dan lain-lain.Finansial aset, yaitu investasi berupa surat-surat berharga atau surat-surat klaim nir eksklusif dari pemegangnya terhadap kegiatan riil pihak yang menerbitkan sekuritas tadi, misalnya reksa dana.

2. Jenis investasi menurut pengaruhnya.

Merupakan investasi yg didasarkanpada faktor-faktor yg menghipnotis atau tidak mempengaruhi aktivitas menurut aktivitas investasi, yang dibedakan menjadi :Investasi Autonomus, yaitu investasi yg nir dipengaruhi oleh taraf pendapatan, bersifat spekulatif. Contoh : pembelian surat-surat berharga.Investasi Induced, yaitu investasi yang dipengaruhi oleh kenaikan permintaan akan barang dan jasa serta tingkat pendapatan. Contoh : penghasilan transitori, yakni penghasilan yang diperoleh selain berdasarkan bekerja, seperti bunga bank.

tiga. Jenis investasi menurut asal pembiayaannya.

Merupakan investasi yang berdasarkan pada dari-usul investasi yg diperoleh, yg bisa dibedakan sebagai :Investasi yang bersumber pada kapital asing.Investasi yang bersumber dalam modal pada negeri.

4. Jenis investasi menurut bentuknya.

Meupakan investasi yg berdasarkan pada cara menanamkan investasinya, yang bisa dibedakan sebagai :Investasi portopolio, yg dilakukan melalui pasar kapital dengan instrumen surat berharga.Investasi eksklusif, yang dilakukan menggunakan membangun gedung, mengakuisisi perusahaan, dan lain-lain.

Bentuk-bentuk investasi, antara lain adalah :Reksadana, yaitu wadah yang digunakan buat menghimpun dana dari wargayang dikelola sang suatu badan aturan yang bernama Manajer Investasi, yang kemudian dana yang terkumpul tadi diinvestasikan ke asset finansial lainnya.Properti, yaitu investasi dalam bentuk tanah atau rumah.Mata uang asing, investasi pada mata uang asing mempunyai resiko lebih tinggi dibandingkan menggunakan investasi lain seperti saham. Di Indonesia nilai mata uanhg asing menganut sistem mengambang bebas sebagai akibatnya menciptakan nilai mata uang rupiah sangat fluktuatif.Saham, yaitu kepemilikan atas sebuah perusahaan, bisa diartikan bahwa dengan membeli saham di suatu tempat berarti sama menggunakan membeli sebagian perusahaan tadi.Emas, merupakan barang berharga yang paling diterima di semua dunia selain mata uang asing. Biasanya harga emas akan mengikuti kenaikan mata uang berdasarkan negara-negara G-7, yaitu Amerika, Jepang, Jerman, Inggris, Perancis, Italia, dan Kanada.Obligasi, yaitu surat utang yang diterbitkan sang pemerintah ataupun perusahaan, baik buat menambah kapital perusahaan ataupun membiayai suatu proyek pemerintah.Deposito, yaitu penanaman modal pada bentuk simpanan uang kepada suatu perusahaan atau perbankan menggunakan jaminan akan mendapat laba berupa bunga pada jangka ketika yg sudah disepakati.

Baca juga : Pengertian Obligasi Dan Karakteristik Obligasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *