10 Jenis Investasi Terbaik Terpercaya Mudah Untuk Masa Depan

Jenis investasi ada poly. Mana yg paling cocok ? Saya review 10 jenis investasi terbaik pada 2019 2020. Beberapa gw punya pengalaman melakukannya & share bagaimana hasilnya. Apa resikonya dan bagaimana return untungnya.

Berinvestasi adalah bagian penting, bahkan sangat krusial, pada pengelolaan keuangan keluarga.

Blog ini telah semenjak awal membahas bagaimana pentingnya investasi buat mewujudkan tujuan atau target keuangan dan “mengalahkan” inflasi.

Ingin punya tempat tinggal, kirim anak sekolah ke universitas, jalan jalan travelling, renovasi rumah, dana pensiun, apapun itu yang menyangkut pengeluaran dana pada jumlah akbar di masa depan, butuh investasi.

Masalahnya, banyak orang tidak tahu apa saja jenis investasi. So sad karena tanpa pengetahuan soal jenis investasi, bagaimana bisa menentukan instrumen investasi terbaik.Jenis InvestasiJenis Investaasi

Tulisan kali ini, gw ingin membahas jenis – jenis investasi.

Beberapa jenis investasi pernah atau sedang saya jalankan.

Jadi, saya memahami manis pahitnya investasi ini, yg mudah – mudahan mampu menaruh Anda insights yang lebih baik dan tidak mengulangi kesalahan yg gw pernah lakukan waktu berinvestasi.

Investasi adalah menempatkan uang pada instrumen keuangan selama jangka waktu eksklusif buat mencapai laba lebih tinggi pada masa depan.

Jadi, komponen investasi terdiri atas:Sisihkan dana berdasarkan penghasilan buat tidak dikonsumsiDana ditempatkan di instrumen keuangan jangka waktu eksklusifHarapannya merupakan return atau keuntungan lebih besar .

Berikut ini Jenis – jenis Investasi terbaik, yaitu:ReksadanaSahamP2P Peer To PeerEmasObligasiTabungan BerjangkaRobo AdvisorUnit LinkPropertiForex#1 ReksadanaJenis Investasi Reksadana

Mayoritas orang punya pengetahuan investasi yg terbatas. Tidak banyak yg paham investasi.

Lantaran instrumen ini menyerahkan pengelolaan ke ahlinya, yaitu Manajer Investasi.

Buat investor pemula, jenis instrumen ini paling tepat, sebagai starting point, berdasarkan saya.

Anda nir perlu pusing mempelajari tetek bengek investasi. Cukup tempatkan uang di Reksadana, maka urusan the rest akan dikelola oleh Manajer Investasi.

Saya pertama kali melakukan investasi memakai Reksa dana. Bahkan sampai hari ini, masih ada di Reksa dana.

Satu hal yg sukamerupakan Reksadana memperlihatkan banyak pilihan hidangan investasi.

Mau yang super kondusif ada, yaitu reksadana pasar uang. Mau yg return tinggi akan tetapi resiko tinggi jua ada, yaitu Reksadana Saham.

In between, antara keduanya, ada Reksadana Campuran.

Jadi terdapat banyaknya pilihan, sebagai akibatnya saya bisa menentukan reksa dana yg paling cocok dengan tujuan keuangan & risk appetite aku.

Ada beberapa laba lain berdasarkan Rekasadana, yaitu:Proses investasi di Reksadana sangat sangat gampang. Semuanya sanggup dilakukan secara online tanpa perlu bertemu. Bahkan kinitelah sanggup dilakukan lewat e-commerce, seperti Tokopedia & Bukalapak.Minimum investasi di reksa dana sangat mini, mulai menurut Rp 10 ribu (benarRp 10 ribu, Anda tidak galat baca)#2 SahamKenaikkan Harga Sama 1998 – 2019

Saham merupakan investasi finansial dengan return terbaik.

Bukan kata gw, namun menurut banyak penelitian & kinerja historis saham.

Selama 20 tahun terakhir, mulai 1998 sd 2019, ekonomi Indonesia mengalami naik turun, gonta ganti presiden, & pasang surut.

Kebetulan gw mengalami & menyaksikan dari 1998 hingga sekarang 2020.

Ada dua krisis keuangan akbar pada 20 tahun terakhir, di 1998 & 2008. Efek kedua krisis ini sangat signifikan menghantam ekonomi Indonesia. Saya nir ingin membahasnya secara detail disini, Anda bisa cari sendiri referensinya pada internet atau baca poly buku yang membahas impak ke 2 krisis tadi.

Selain krisis ekonomi, perubahan sistem pemerintahan juga terjadi, dalam rentang 20 tahun tersebut, menurut yang sebelumnya terpusat pada jaman Presiden Soeharto ke jaman demokrasi dimana Presiden dipilih secara langsung, yg sedikit banyak pasti mensugesti perekonomian, terutama dari sisi stabilitas politik.

Dengan segala hal yg terjadi pada 20 tahun terakhir tersebut, apa imbasnya dalam pasar saham, apa dampaknya ke harga saham pada Bursa Efek Indonesia (BEI)?

Sejak 1998 sd 2019, harga saham di Bursa Efek Indonesia, diukur menggunakan IHSG, mengalami peningkatan 14x lipat atau 1,400%.

Betul, aku tidak dusta , harga saham naik 14 kalinya.

Jadi, bila tahun 1998 Anda punya uang 1 juta & dibelikan saham – saham pada BEI maka dalam 20 tahun lalu nilainya menjadi 14 juta tanpa Anda perlu menambahkan investasi apapun lagi.

Itu baru dari capital appreciation, kenaikkan harga, dan belum termasuk keuntungan berdasarkan dividen saham yg secara rutin dibayar oleh perusahaan – perusahaan publik ke pemegang saham, yg jika dimasukkan niscaya return lebih tinggi menurut 14x.

Jadi, dari aku, saham adalah jenis investasi yg seharusnya Anda lihat dan pelajari, serta jika yakin ikut terjun pada dalamnya.

Apa yang perlu Anda siapkan untuk investasi saham ?Pelajari menggunakan baik – baik bagaimana melakukan investasi saham. Jangan mudah terpancing, ikut – ikutan istilah orang, namun lakukan dari pengetahuan & keyakinan AndaPilih saham blue-chip, yaitu saham terbaik di Bursa, misalnya Bank BCA, BRI, Unilever, Telkom & lain – lain, yg kinerja perusahaanya telah teruji selama puluhan tahun.Lakukan diverisifikasi investasi dengan menempatkan uang di aneka macam instrumen agar waktu harga saham anjlok (pasti akan terjadi – one day or another) Anda tidak risi dan tetap mampu bertahan dalam jangka panjang pada investasi saham.Niatkan melakukan investasi saham buat jangka panjang karena hanya pada jangka panjang Anda bisa menerima return saham paling optimal.

Langkah – langkah melakukan investasi saham adalah:Pilih Broker Saham. Anda wajibmemilih broker saham. Ada banyak broker atau disebut ‘Anggota Bursa’ yg merupakan member pada Bursa Efek Indonesia (BEI). Beberapa broker menyediakan dummy-trade yg bisa Anda gunakan buat mengevaluasi apakah aplikasi jual beli saham milik broker tadi rupawan atau tidak.Buka Rekening Saham. Setelah menentukan broker, langkah berikutnya merupakan membuka rekening saham.  Membuka rekening wajiblantaran bila tidak, Anda nir bisa melakukan transaksi saham. Broker yg baik memberikan fasilitas pembukaan rekening secara online dimana Anda cukup mengisi formulir pembukaan rekening secara online & mengirimkan dokumen tadi sehabis ditandatangani.Buka Rekening Dana Nasabah. Selain buka rekening saham di broker, berbarengan dengan itu merupakan pembukaan Rekening Dana Nasabah (RDN). Kalau rekening saham buat Anda sanggup melakukan jual beli saham, RDN merupakan rekening khusus yang dibuat pada bank untuk menyimpan dana transaksi jual beli saham. Setoran modal buat transaksi saham & output penjualan saham disimpan di RDN.

Semua langkah pada atas dalam pembukaan transaksi saham sanggup dilakukan secara online#tiga P2P Peer To PeerPeer To Peer (P2P) Investasi

Di era digital sekarang, salahsatu, jenis investasi baru adalah peer to peer lending (P2P).

Anda punya uang buat diinvestasikan, namun nir memahami mau diinvestasikan dimana, sementara di sisi lain ada orang yang punya bisnis atau bisnis membutuhkan dana pinjaman.

Selama ini, prosesnya merupakan Anda ke bank dan memberikan uang disana, lalu menyerahkan sepenuhnya dalam bank buat menyalurkan dana Anda tadi. Begitu jua menggunakan peminjam yang butuh pendanaan, mereka ke bank buat mengajukan pinjaman tanpa tahu menurut tabungan siapa dana pinjaman tersebut dari.

Posisi bank sebagai intermediate sebagai kritikal & karenanya ada fee atau penghasilan yg diambil oleh bank.

Dalam investasi P2P, posisi bank menjadi intermediate dihapus, tidak terdapat lagi dalam picture. Kenapa ? karena bank dianggap menghambat menggunakan mengambil fee yang terlalu akbar, sehingga mengurangi keuntungan return investor yg punya uang dan membebani peminjam yang berhutang.

Disamping itu, bank pula dipercaya terlalu konservatif pada menyalurkan pinjaman, sebagai akibatnya mungkin terdapat usaha usaha yg punya potensi return tinggi tetap nir diberikan pinjaman.

Di P2P pemilik dana (investor) dan pencari dana (borrower) bertemu secara eksklusif dijembatani oleh platform P2P secara online.

Investor akan pilih sendiri peminjam mana yg akan diberikan pendanaan, sesuai dengan return & profil resiko, sedangkan peminjam menyajikan data usaha mereka di platform Peer to peer lending.

Apakah P2P diregulasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ?

Good news-nya, semenjak 2016, OJK sudah mengatur investasi P2P dalam POJK 77 dan menaruh legalisasi dan izin kepada sejumlah perusahaan P2P.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *